Dont forget to share :D

Pointer adalah sebuah variable yang digunakan untuk menunjuk ke objek/variable lain. Variable pointer akan berisikan alamat yang ditunjuk ol...

Pointer di Dalam Bahasa C



Pointer adalah sebuah variable yang digunakan untuk menunjuk ke objek/variable lain. Variable pointer akan berisikan alamat yang ditunjuk oleh variable pointer pada pendeklarasian. Variable pointer dapat dideklarasikan dengan menggunakan operator “*” yang diletakkan didepan nama variable. Jika ingin variable pointer tersebuk menunjuk ke variable lain, maka diperlukan operator ”&” di depan nama variable yang ingin ditunjuk pointer, contohnya :

tunjuk1 = &x;

Dalam perintah diatas, nilai variable pointer tunjuk1 diberi nilai berupa alamat dari variable x. Jika program dijalankan, maka akan ditampilkan nilai dari variable x. Oleh sebab itu nilai variable pointer tunjuk1 dikatakan menunjuk ke variable x.

Penggunaan pointer ditujukan untuk kasus yang melibatkan operasi file, penggunaan array dan pengurutan data.



Pada pendeklarasian variable pointer, yang disimpan adalah alamat memory dari variable yang ditunjuk oleh pointer, contohnya x adalah variable yang ditunjuk oleh variable pointer tunjuk1, variable x berada pada alamat memory 2000, maka tunjuk1 akan berisi 2000.

contoh penggunaan pointer :

#include <stdio.h>

int main()

{

int x = 5;

int *tunjuk1;

int **tunjuk2;



tunjuk1 = &x;

tunjuk2 = &tunjuk1;



printf("Nilai x = %d\n", *tunjuk1);

printf("Nilai x = %d\n", **tunjuk2);

Hasil compile nya :



Dalam program tersebut, variable pointer *tunjuk1 menunjuk ke variable x, sedangkan variable pointer *tunjuk2 menunjuk ke variable pointer **tunjuk2, sehingga output yang dihasilkan sama – sama 5.

}

0 komentar: