Dont forget to share :D

Nama          : I Putu Gede Eka Yuda Arista Nim             : 1605551019 . Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT. Matakuliah  :...

MATERI PERTEMUAN 2 (PROCESS)

Nama          : I Putu Gede Eka Yuda Arista
Nim             : 1605551019.
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Matakuliah  : Network Operating System
Kampus      : Universitas Udayana, Fakultas Teknik, Program Studi Teknologi Informasi.

Halooo, apaa kabarr? Pasti baik dong hehe, kali ini kita akan kembali membicarakan tentang Sistem Operasi (OS). Namun bahasan kali ini akan lebih spesifik ke proses dalam Sistem Operasi tersebut, apa saja itu? Cekidotttt

PENGERTIAN
Proses merupakan unit kerja terkecil yang secara individu memiliki sumber daya dan dijadwalkan oleh sistem operasi. Proses juga berarti keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan. Proses bukanlah merupakan sebuah kode program.

Ketika sebuah proses dibuat maka proses tersebut dapat memperoleh sumber-daya seperti waktu CPU, memori, berkas, atau perangkat I/O. Sumber daya ini dapat diperoleh langsung dari sistem operasi, dari proses induk yang membagi-bagikan sumber daya kepada setiap proses turunannnya, atau proses turunan dan proses induk berbagi sumber-daya yang diberikan sistem operasi.

STATUS PROSES


Meskipun tiap-tiap proses terdiri dari suatu kesatuan yang terpisah namun adakalanya proses-proses tersebut butuh untuk saling berinteraksi. Satu proses bisa dibangkitkan dari output proses lainnya sebagai input. Pada saat proses dieksekusi, akan terjadi perubahan status. Status proses didefiniskan sebagai bagian dari aktivitas proses yang sedang berlangsung saat itu.
Gambar diatas merupakan diagram status proses. Status proses terdiri dari :
a. New: proses sedang dibuat.
b. Running: proses sedang dieksekusi.
c. Waiting: proses sedang menunggu beberapa event yang akan terjadi (seperti
menunggu untuk menyelesaikan I/O atau menerima sinyal).
d. Ready: proses menunggu jatah waktu dari CPU untuk diproses.
e. Terminated: proses telah selesai dieksekusi.

Process Control Block (PCB)

Masing-masing proses direpresentasikan oleh Sistem Operasi dengan menggunakan Process Control Block (PCB), seperti terlihat pada gambar dibawah.


Informasi yang terdapat pada setiap proses meliputi :
a. Status Proses. New, ready, running, waiting dan terminated.
b. Program Counter. Menunjukkan alamat berikutnya yang akan dieksekusi oleh
proses tersebut.
c. CPU Registers. Register bervariasi tipe dan jumlahnya tergantung arsitektur
komputer yang bersangkutan. Register-register tersebut terdiri-atas: accumulator,index register, stack pointer, dan register serbaguna dan beberapa informasi tentang
kode kondisi.



Selama Program Counter berjalan, status informasi harus disimpan pada saat terjadi interrupt. Gambar diatas menunjukkan switching proses dari satu proses ke proses berikutnya.
d. Informasi Penjadwalan CPU. Informasi tersebut berisi prioritas dari suatu proses, pointer ke antrian penjadwalan, dan beberapa parameter penjadwalan yang lainnya.
e. Informasi Manajemen Memori. Informasi tersebut berisi nilai (basis) dan limit register, page table, atau segment table tergantung pada sistem memory yang digunakan oleh SO.
f. Informasi Accounting. Informasi tersebut berisi jumlah CPU dan real time yang digunakan, time limits, account numbers, jumlah job atau proses, dll.
g. Informasi Status I/O. Informasi tersebut berisi deretan I/O device (seperti tape driver) yang dialokasikan untuk proses tersebut, deretan file yang dibuka, dll.

Manajemen Proses

Manajemen proses merupakan bagaimana Sistem Informasi dapat menangani proses-proses yang sedang berjalan pada sistem. Berikut manajemen proses yang dapat dilakukan
1. Penciptaan proses.
2. Penghancuran / terminasi proses.
3. Penundaan proses.
4. Melanjutkan kembali proses.
5. Mengubah prioritas proses.
6. Memblok proses.
7. Membangunkan proses.
8. Menjadwalkan proses.
9. Memungkinkan proses berkomunikasi dengan
proses lain.

PRAKTIK

Untuk praktik mandiri kali ini, saya akan mencoba menjalankan perintah"top" pada Sistem Operasi Linux Ubuntu, sebelum menjalankan perintah top di Terminal. Saya akan membuka semua aplikasi yang tersedia. Setelah itu baru eksekusi perintah top. Berikut hasilnya


Gambar diatas merupakan hasil eksekusi perintah "top". Dimana total proses yang telah terjadi yaitu 189, 1 sedang berjalan dan 188 sedang sleeping.

[1] I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Operating System Pertemuan 2". 2018.

0 komentar: