Dont forget to share :D

1. Windows Merupakan Sistem Operasi yang dibuat oleh perusahaan ternama di Amerika Serikat Microsoft Corporation. Sebelum Muncul OS ...

Macam - macam sistem operasi (OS) pada komputer



1. Windows
Merupakan Sistem Operasi yang dibuat oleh perusahaan ternama di Amerika Serikat Microsoft Corporation. Sebelum Muncul OS (Operating system) Windows, Sistem operasi ini dijalankan menggunakan disk sehingga dinamakan Disk Operating System (DOS) dan itulah cikal bakal munculnya OS Windows. Saat ini Windows menjadi Sistem Operasi dengan pemakai terbanyak didunia, itulah mengapa saat dibangku sekolah atau diperusahaan komputernya menggunakan OS windows. Sampai posting ini dibuat versi windows sudah sampai pada Windows 10. Untuk tampilannya sedikit berbeda dengan versi sebelumnya yaitu Windows 8.1. OS ini merupakan versi berbayar, jadi untuk menginstalnya kita harus membeli lisensinya terlebih dahulu ke pihak microsoft.

2. Linux
Merupakan Sistem Operasi Open Source yang artinya setiap pengguna boleh memodifikasinya. Jenis OS ini adalah versi gratis yang siapa saja boleh menginstallnya tanpa harus mendapatkan lisensi dari pemiliknya. Di Indonesia sendiri banyak para programmer menggunakan OS ini kemudian dikembangkannya menjadi OS baru. Untuk itu jangan heran jika kita melihat komputer OS linux berbahasa Indonesia, jawa, sunda dan sebagainya bahkan varian linux sudah banyak sekali jenisnya. Hal inilah yang menjadikan banyak orang mendukung adanya sistem operasi ini. Selain itu OS ini juga banyak diklaim menjadi sistem operasi yang paling aman terhadap ancaman virus. Oleh sebab itu silahkan mendownloadnya di internet dan mencobanya secara gratis.

3. Mac OS
Macintosh Operating system merupakan salah satu sistem operasi berbayar yang dibuat khusus untuk Apple komputer. Untuk itulah sistem operasi ini belum tentu bisa digunakan pada komputer lain yang tidak memiliki lisensi dari pihak Apple. Untuk saat ini di Indonesia masih sangat jarang orang menggunakan sistem operasi ini. 

4. UNIX
UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.

sumber : laptopkeren.com



0 komentar: