Dont forget to share :D

Seorang gamers biasanya punya selera tersendiri ketika bermain game. Begitu juga pilihan game sepak bola yang dikuasai oleh dua nama gam...

PES atau FIFA ?


Seorang gamers biasanya punya selera tersendiri ketika bermain game. Begitu juga pilihan game sepak bola yang dikuasai oleh dua nama game besar, PES dan FIFA. Kedua game ini sama-sama memberikan game sepak bola yang seru. Namun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Langsung aja deh daripada terlalu lama, simak ulasannya berikut ini.

1. PES Punya Grafis yang Lebih Baik
PES yang dulunya bernama Winning Eleven ini punya grafis yang lebih bagus dan realistis daripada FIFA. Penampilan grafis di PES sangat mulus. Tampilan kulit dan rambut benar-benar menyerupai aslinya. Bisa kita bandingkan dari karakter Neymar. Bila dibandingkan dengan Neymar yang asli, gambar yang dibuat oleh PES justru yang mendekati nyata.
Berbanding terbalik dengan FIFA. Meskipun gerakan di FIFA lebih smooth, namun grafis yang diberikan tidak terlalu bagus bila dibandingkan dengan PES. FIFA cenderung menonjolkan gameplay mereka ketimbang grafis.

2. Lisensi FIFA lebih Lengkap
Bila berbicara mengenai lisensi, udah pasti yang menang FIFA sih Loopers. Pasalnya, EA sebagai pengembang sudah mengantongi izin langsung dari FIFA. Jumlah stadion yang dimasukkan dalam FIFA juga lebih banyak ketimbang PES. Selain itu, nama klub muncul sebagai nama asli mereka. Jadi, kamu bisa dengan mudah menemukan klub kesayangan kamu di FIFA.
Berbeda dengan PES. Game buatan KONAMI ini tidak memiliki lisensi resmi dari FIFA. Alhasil, ada banyak klub dan liga yang tidak tercantum dalam PES. Selain itu, banyak nama klub yang berbeda dengan nama aslinya. Liverpool misalnya, muncul dengan nama Merseyside Red, atau Chelsea dengan nama West London Blue.

3. Gameplay PES lebih mudah
PES memiliki gameplay yang sangat mudah bila dibandingkan dengan FIFA. AI pada PES sangat cermat dan mampu mendeteksi gerak bola dengan baik dan benar. Dalam mode top player sekalipun, kamu bisa memenangkan pertandingan dengan mudah. Tidak perlu effort lebih.
Berbeda dengan FIFA yang memiliki gameplay yang lebih susah ketimbang PES. Bila kamu bermain dengan mode tengah-tengah sekalipun, belum tentu kamu bisa menang. Namun, keunggulan gameplay FIFA terletak pada saat tendangan bebas. Pasalnya, kamu bisa mengarahkan kiper semau kamu dan tendangannya bisa kamu atur secara akurat selama tendangan terukur.

3. FIFA bangga dengan komentatornya
Masalah komentator, FIFA jagonya. Kalo kamu pernah dengar suara Alan Smith, berarti kamu FIFA mania. Komentator di FIFA bisa mendeteksi pertandingan sebelumnya. Misalnya nih, kamu menang lawan klub A, di pertandingan setelahnya, kemenangan kamu akan dibahas kembali.
PES nampaknya harus legawa dengan keputusan ini. Pasalnya, komentator PES bisa dibilang sangat kurang. Lebih lagi, PES bahkan terkesan kurang niat untuk urusan komentator. Meski demikian, komentator berbahasa Jepang milik PES bikin kamu semangat untuk main lagi.
Gimana ? Kamu termasuk di kubu mana nih? PES atau FIFA?  Dimanapun kubu kamu, PES dan FIFA sama-sama game yang sempurna untuk mendekatkan diri dengan teman-teman. Pasalnya, kedua game ini bisa dimainkan oleh banyak orang. Jadi, makin rame, makin seru!


0 komentar: