Dont forget to share :D

Nama          : I Putu Gede Eka Yuda Arista Nim             : 1605551019. Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT. Matakuliah...

MATERI PERTEMUAN 9 ( NOS PADA SERVER )

Nama          : I Putu Gede Eka Yuda Arista
Nim             : 1605551019.
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Matakuliah  : Network Operating System.
Kampus      : Universitas Udayana, Fakultas Teknik, Program Studi Teknologi Informasi.
            

Hello hello haii kembali lagi nih hehe sekalian, mumpung lagi mood yg bagus dan semangat membara hari ini sekalian share 2 artikel wkwk. Okedeh artikel kali ini bertopik Network Operating System pada Server. Apa saja itu? Yukk cuss



Server merupakan salah satu contoh menjalankan perangkat lunak yang mampu menerima perintah dari klien, komputer yang mengeksekusi perangkat lunak. Server beroperasi dalam arsitektur client-server, dimana “server” adalah program komputer yang menjalankan untuk melayani permintaan dari program lain, klien mungkin berbagi data, informasi, hardware dan software.
Klien dapat menjalankan pada komputer yang sama, tetapi biasanya terhubung ke server melalui jaringan internet, WAN, dan LAN. Fungsi utama komputer dirancang sebagai server umumnya khusus dalam beberapa cara untuk tugasnya. Kadang-kadang lebih diandalkan dibandingkan komputer desktop standar. Server bisa digunakan cukup luas dalam teknologi informasi. Setiap proses komputerisasi yang berbagi sumber daya untuk satu lebih proses klien. Demikian pula perangkat lunak server web dapat dijalankan pada setiap komputer, dan laptop yang dapat memenuhi peran web server.



Network Operating System untuk Server
Server dalam menjalankan fungsinya untuk melayani didalam jaringan komputer atau pun internet memerlukan sistem operasi yang optimal untuk menangani pelayanan terhadap pengguna/klien. Berikut ini merupakan sistem operasi yang sering digunakan pada Server. 

1. OS Linux dan kernel Linux dengan semua distribusinya (Ubuntu, Debian, OpenSUSE, Fedora, BackTrack, Mandriva, Slackware, PCLinuxOS, CentOS).

2. Free BSD dan semua varian BSD (Open BSD, Dragon Fly BSD, PC BSD, dll).


3. Sun Solaris (Sun Microsystem).


4. Novell Netware.


5. UNIX, MINIX, IRIX.


Aspek Penting Network Operating System untuk Server

Terdapat 4 aspek penting yang perlu diperhatikan dalam Network Operating System untuk Server. Berikut ini merupakan 4 aspek penting NOS untuk Server.
1. Pemilihan, yaitu mencakup pertimbangan keamanan server, kenyamanan, dukungan dari komunitas atau enterprise, mengenai biaya, dan kebutuhan.

2. Manajemen, yaitu bagaimana mengatur mengenai pengguna, hak akses, hak kepemilikan (file dan folder), memori, dan penyimpanan.

3. Konfigurasi, yaitu mengenai cara menkonfigurasi file-file yang ada pada sistem operasi tersebut 

4. Maintenance, yaitu perbaikan yang dilakukan secara berkala untuk menjaga agar sistem operasi yang digunakan untuk server tetap optimal selama pengoperasiannya. Jangka waktu perbaikan bisa dilakukan dalam per-hari, per-minggu, per-bulan, ataupun cron.


Referensi
[1] I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Operating System Pertemuan 9". 2018.



1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus