Dont forget to share :D

TSP adalah problem untuk menentukan urutan dari sejumlah kota yang harus dilalui oleh salesman, setiap kota hanya boleh dilalui satu kali d...

Travelling Salesman Problem (TSP)

TSP adalah problem untuk menentukan urutan dari sejumlah kota yang harus dilalui oleh salesman, setiap kota hanya boleh dilalui satu kali dalam perjalanannya, dan perjalanan tersebut harus berakhir pada kota keberangkatannya dimana salesman tersebut memulai perjalananya, dengan jarak antara setiap kota satu dengan kota lainnya sudah diketahui. Salesman tersebut harus meminimalkan pengeluaran biaya, dan jarak yang harus ditempuh untuk perjalanannya tersebut.


Kota dapat dinyatakan sebagai sebuah simpul graf, sedangkan sisi menyatakan jalan yang menghubungkan antara dua kota. Bobot pada sisi menyatakan jumlah antara dua buah kota. Persoalan ini adalah persoalan yang menentukan sirkuit Hamilton dengan sisi memiliki bobot minimum pada suatu graf terhubung. 

Algoritma exhaustive, yaitu dengan mencari semua kombinasi yang mungkin terjadi, kemudian memilih kombinasi perjalanan dengan jarak terdekat, algoritma ini mempunyai kompleksitas n!/2n.
Permasalahan :
·         Diberikan n buah kota serta diketahui jarak antara setiap kota satu dengan kota yang lain. Temukan perjalanan (tour) terpendek yang melalui setiap kota lainnya dengan hanya sekali melewati kota-kota tersebut dan kembali lagi ke kota asal keberangkatan.
·         Permasalahan TSP ini dimodelkan sebagai graf lengkap dengan n buah simpul. Bobot pada setiap setiap sisi menyatakan jarak antara dua buah kota yang bertetangga.
·         Permasalahan TSP tidak lain adalah menemukan sirkuit Hamilton dengan bobot paling minimum.
·         Algoritma exhaustive search untuk persoalan TSP :
A.    Enumerasikan (list) semua sirkuit Hamilton dari graf lengkap dengan n buah simpul.
B.     Hitung (evaluasi) bobot setiap sirkuit Hamilton yang ditemukan pada langkah 1.
C.     Pilih sirkuit Hamilton yang mempunyai bobot paling terkecil.

contoh diatas, graf tersebut memiliki n=4, jadi 4!/2(4)=3 sirkuit hamilton, jadi terdapat 3 rute yang dapat dilalui, sekarang tinggal tambahkan jarak antarkota dan pilihlah perjalanan dengan jumlah jarang terkecil


0 komentar: