Dont forget to share :D

BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Pemrograman / Bahasa Komputer adalah instruksi standar untuk memerintah komputer, yang merupakan suatu himpun...

Introduction Bahasa Pemrograman (Pengantar Sistem Teknologi Infromasi)

BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa Pemrograman / Bahasa Komputer adalah instruksi standar untuk memerintah komputer, yang merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik. seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data disimpan dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi.

1. Algoritma
Algoritma adalah suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah. 
Algoritma dapat disajikan ke dalam 2 bentuk, yaitu bentuk tulisan atau bahasa dan bentuk gambar. Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan/bahasa dapat dilakukan dengan memakai pseudocode. Pseudocode berasal dari "pseudo" aritnya "menyerupai atau mirip" dan "code" yaitu "kode program". Contoh dari beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk menyatakan pseudocode antara lain : pascal, BASIC, Pascal, C, dan lain sebagainya. Terdapat juga penyajian algoritma yang dalam bentuk gambar disebut flow chart.

2. Syntax
Syntax adalah salah satu dari cabang ilmu linguistik yang mempelajari kaidah yang menentukan bagaimana kata membentuk frasa dan frasa membentuk kalimat. Secara etimologis istilah Syntax adalah menempatkan bersama kata-kata menjadi kelompok kata atau kalimat dan kelompok-kelompok kata menjadi kalimat.

3.Intrepeter, Pustaka
Interpreter adalah Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut.


4. IDE + OS
IDE ( Integrated Development Environment ) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. 


MODEL PEMROGRAMAN
1. Struktural
Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. 
Contoh : C, Pascal, dll

2. Object Oriented
Object-Oriented programming atau disingkat OOP merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Contoh : Java, Python

PERAN

1. Jaringan Komputer (Socket Programming)
Socket programming merupakan pemrograman yang bertujuan agar satu program bisa berinteraksi dengan program lainnya dalam satu jaringan, biasa disebut juga dengan pemrograman jaringan.
Contoh : C, Java,Python

2. Database
Database atau Basis Data adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi data.
Contoh : Java, ODBC, Python, dll

3. Internet of Things 
Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus, berikut kemampuan remote control, berbagi data, dan sebagainya, termasuk pada benda-benda di dunia fisik. Bahan pangan, elektronik, peralatan apa saja, koleksi, termasuk benda hidup, yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor tertanam dan selalu “on”.

4. Cloud Computing (Platform as a service)
Secara umum, cloud computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan cloud computing.

5. Intelligent Transportation System
Intelligent Transportation System dalam bahasa Indonesia berarti sistem transportasi cerdas merupakan integrasi antar sistem informasi dan teknologi komunikasi dengan infrastruktur transportasi, kendaraan danpengguna jalan. Mengintegrasikan pengguna jalan, sistem transportasi, dan kendaraan melalui sistem informasi dan teknologi komunikasi serta membantu sistem transportasi secara keseluruhan untuk bekerja secara efektif dan efisien. Sebagai aplikasi inti untuk pengelolaan lalu lintas kota, ITS akan mengelola dan menggunakan sumberdaya data yang dibagikan antara berbagai sistem pengelolaan informasi

6. Paraller Computting
Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll.

7. Bio-informatika dan e-Health
Bioinformatika sendiri merupakan cabang ilmu biologi yang memadukan pengetahuan biologi, bioteknologi, maupun biologi molekular dengan teknologi informasi yang berupa komputer dan internet. Salah satu tujuannya adalah untuk memahami organisme hidup melalui perkembangan bioinformasi. Dalam studi bioinformatika digunakan komputer yang mampu menyimpan data dalam jumlah yang sangat banyak dan didukung berbagai macam software untuk menganalisis jutaan data yang berasal dari mahluk hidup.

TIPS PEMROGRAMAN
Berikut adalah tips - tips bagaimana agar kita lebih cepat memahamin tentang pemrograman :
1 Pahami algoritma
2 Kuasai syntax
3 Pahami model pemrograman (struktur/object oriented)
4 Berlatih
5 berlatih menyelesaikan yang dimulai dari Studi kasus sehari-hari
6 Aktif dalam pengembangan (project, open source, github, dll)

SECURITY
1. Kesalahan Algoritma
Kekeliruan, tidak tepat, kesalahan secara perangkat lunak, atau kerusakan pada perangkat keras. Dengan terjadinya error ini, maka pelaksanaan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Berikut adalah kesalahan - kesalahan yang sering terjadi :
- Syntax Error
Syntax Error adalah kesalahan yang diakibatkan karena penulisan atau tata bahasa yang tidak benar. Error ini membuat pihak yang diminta untuk mengerjakan sesuatu menjadi bingung, sehingga tidak bisa melakukan perintah tersebut.
-Logical Error
Kesalahan dalam logika ini akan mengakibatkan hasil suatu proses tidak sesuai dengan yang diharapkan, umumnya proses ini tidak berhenti karena kesalahan logika ini, Nah, kita memang harus berhati – hati dengan kesalahan secara logic ini. Sistem akan memberikan informasi sesuai dengan yang kamu berikan. Makanya, ketelitian diperlukan di sini.
-Human Error
Human Error adalah kesalahan yang terjadi akibat adanya kesalahan pengguna dalam memasukkan data. Misalnya salah masukkan nama akibat kurangnya huruf yang terdapat pada nama tersebut.
-Command Error
Command Error adalah kesalahan dalam perintah yang diinginkan komputer yang diakibatkan karena kesalahan pengguna yang tidak mengikuti perintah yang timbul pada komputer.

2. Buffer Overflow
Buffer overflow (BO) terjadi jika suatu program berusaha menyimpan data ke buffer, dimana ukuran data lebih besar dari ukuran buffer. Saat jumlah data melebihi ukuran buffer, kelebihan data dapat melimpah ke lokasi memory terdekat, merusak data dan bisa merubah path dan perintah eksekusi. Diantara informasi yang rusak, mungkin terdapat informasi yang berisi subroutine dari suatu program, sehingga program tidak dapat menemukan subroutine dan tidak dapat menyelesaikan programnya. Kemampuan eksploitasi BO memungkinkan seseorang untuk memasukkan kode sembarang ke path eksekusi. Kode ini memungkinkan akses jarak jauh yang terlarang (unauthorized). Seorang hacker bisa mengirimkan data yang lebih besar dari ukuran buffer dan berisi kode yang dirancang untuk melakukan aksi tertentu, untuk merusak atau mengubah data dan membuka informasi rahasia.

TINGKAT BAHASA PEMROGRAMAN
1. Tingkat Tinggi
Bahasa tingkat tinggi yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi yang berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia. Contohnya : begin, end, if, for, while,and, or, dan sebagainya. Bahasa ini menggunakan perintah yang mendekati bahasa manusia. Contohnya adalah Delphi, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Perl, Phyton, Basic, Visual Studio (Visual Basic, Visual FoxPro), Informix, C, C++, ADA, Java, PHP, ASP, XML, dan lain-lain.

2. Tingkat Rendah
Bahasa ini dikenal dengan istilah Bahasa Assembly yaitu dengan memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (mnemonic). Contohnya SUB, CMP, LOOP, dan sebagainya. Bahasa tingkat ini, bahasanya masih jauh dari bahasa manusia.

refrensi:
http://dadangvannoegraha.blogspot.co.id/2013/01/kesalahan-dalam-pemrograman-bahasa-c.html
http://catatancokelat.blogspot.co.id/2013/10/ide-integrated-development-environment.html
http://woocara.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-algoritma-contoh-algoritma.html
http://nazaruddin.blog.unigha.ac.id/2013/08/24/pengertian-komputasi-paralel/
http://10108262.blog.unikom.ac.id/berkenalan-dengan.2zx
http://bayualftechnologyinc.blogspot.co.id/2013/11/deveploment-teknologi-inteligent.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_paralel
https://magneticinfo.blogspot.co.id/2014/08/bahasa-pemrograman-programming-language.html

0 komentar: